Charlie Munger – Talk No. 4

Topik kali ini mengenai sebuah pidato tertutup yang di berikan Munger tahun 1996. Dalam pidato kali ini, Charlie menjelaskan bagaimana membuat strategi dan keputusan berdasarkan beragam pola pikir.

Munger menguasai beberapa konsep sederhana yang sangat berguna untuk memecahkan masalah. Masalah yang di maksud adalah bagaimana cara membangun satu bisnis dengan nilai yang mencapai 2 triliun usd.

Berikut ada lima konsep berguna yang bisa anda pelajari:

Konsep pertama, cara terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah dengan terlebih dahulu menyelesaikan masalah-masalah besar yang sering kali sudah jelas jawabannya.

Konsep kedua, seperti kata Galileo Galilei: “Hanya matematikalah yang bias membuka rupa asli dari ilmu alam (science), karena matematika bisa di bilang seperti bahasa Tuhan”. Setidaknya matematika itu ilmu objektif, tidak berpihak pada siapa-siapa. Jadi anda sehendaknya memiliki kemampuan berhitung matematis.

Konsep ketiga, hanya dengan menghadapi masalah secara langsung, tidaklah cukup, anda harus berpikir terbalik juga. Pada kenyataannya banyak masalah yang tidak bisa di selesaikan secara langsung. Seperti kata Carl Jacobi: “Berpikir terbalik, pokoknya berpikirlah terbalik”. Berpikir terbalik ini termasuk juga, menantang pendapat diri sendiri, menantang penemuan yang pernah dan sedang anda yakini, terus mencari apakah ada yang salah. Bahkan seorang seperti Albert Einstein berpendapat kalau keberhasilannya datang dari empat sebab: 1. Koreksi/refleksi diri, 2. Sifat penasaran, 3. Fokus, dan 4. Keteguhan.

Konsep keempat, pengetahuan yang terbaik dan yang paling berguna datang dari ilmu pengetahuan dasar.  Tapi dengan satu syarat yaitu harus dipikirkan melalui lintas ilmu pengetahuan, jadi bukan mentah-metah hanya memakai satu pola pikir saja. Anda harus terbiasa memakai pengetahuan dasar yang diajarkan di kuliah tahun pertama, hanya dengan demikian teknik penyelesaian masalahnya baru bisa leluasa. Walaupun pendidikan sekarang memisah-misahkan ilmu pengetahuan sehingga serasa tidak berhubungan, tapi anda harus bertindak sebaliknya. Seperti kata Benjamin Franklin: “Kalau anda ingin menyelesaikannya, anda harus melakukannya sendiri; kalau tidak, biarkan orang lain yang melakukannya”.

Kalau setiap kali bertemu masalah anda selalu bergantung kepada orang lain, sering menghabiskan uang membayar professional untuk menjadi penasehat, maka saat datang masalah besar datang, terutama jika masalah itu lebih besar dari pengetahuan sempit penasehat anda, kiamat andapun telah tiba. Bukannya penasehat anda sengaja berbuat salah, tapi karena terdapat bias (kecenderungan keberpihakan) dari pemikiran bawah sadar mereka. Bias ini disebabkan karena sudut padang insentif/keuntungan mereka berbeda dengan anda. Belum lagi para profesional ini juga terkena psiokologi: “di tangan seorang yang memiliki palu, dunia ini seperti satu paku”.

Konsep kelima, efek yang benar benar besar yaitu efek Lollapalooza, biasanya muncul dari beberapa penyebab yang terjadi bersamaan. Contohnya: ada penyakit yang terobati karena beberapa jenis obat yang dipakai bersamaan. Begitupula dengan alasan kenapa pesawat bisa diterbangkan.

Demikianlah lima konsep berguna yang bisa anda pelajari dan aplikasikan saat mengambil keputusan dan saat merancang sebuah strategi. Belum cukup? Tenang.. di artikel berikutnya anda bisa menemukan contoh analisa strategi bisnis menggunakan kelima konsep yang telah anda kenal diatas. Nantikan aja di artikel mokosays berikutnya.

One thought on “Charlie Munger – Talk No. 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = ten