Satu sen vs Seribu Dollar – Kehebatan Bunga Berbunga

Dimulai dengan sebuah cerita dalam artikel ini akan dibahas mengenai bunga majemuk (compounding interest). Saya sendiri lebih suka memakai kata “bunga berbunga” daripada “bunga majemuk” (compunding interest) karena lebih mudah diserapi dan memang pada dasarnya begitulah cara kerjanya. Jadi begini ceritanya..

Demi mengenalkan kehebatan bunga berbunga, seorang kakek memberikan dua pilihan menggiurkan kepada cucunya:

“Kakek berikan kamu dua pilihan, tetapi setelah memilih, kamu tidak boleh berubah pikiran lagi. Jadi sebelum memilih ingat dipikirkan baik-baik. Pertama, kakek setiap harinya akan memberikan kepada kamu uang USD $1,000 terus menerus setiap harinya selama 30 hari, jadi setiap harinya setelah menerimanya kamu bisa segera memakainya buat belanja apapun yang kamu suka. Alternatif kedua adalah, kakek memberikan kamu USD 1 sen (100 sen = 1 dolar)  pada hari pertama, dan berlipat menjadi 2 sen pada hari kedua, dan jumlah setiap harinya akan dilipat gandakan terus menerus selama 30 hari, tapi kamu tidak boleh menggunakan 1 sen pun sebelum 30 hari ini berlalu. Uang ini hanya boleh dibelanjakan setelah waktu 30 hari berlalu”

Milih Satu sen atau Seribu Dollar

Sang cucu sedikit bingung, tapi begitu gembira dan begitu tergoda, apalagi setelah membayangkan kedepannya dia akan bisa membelanjakan USD $1,000 setiap harinya selama sebulan. Setelah berpikir sejenak sang cucu pun mengambil kesimpulan: “Mengenai recehan satu sen itu, saya pikir satu sen sebanyak apa juga paling-paling jadinya ya setumpukan satu sen yang berserakan dan berat-beratin kantong.” Menurutnya ini pilihan yang cukup mudah, sang cucu kemudian memilih menerima USD $1,000 per hari selama sebulan. Pertanyaannya: Menurut anda, apakah sang cucu sudah membuat pilihan yang bijak?

Dengan memilih pilihan pertama, total uang yang diterima adalah USD $30,000, lumayan bukan? Tunggu dulu, bila saja sang cucu memilih pilihan kedua, melalui kerja keras dari bunga berbunga yang terus melipatgandakan uangnya, setelah sebulan berlalu, sang cucu seharusnya bisa menerima total: USD $ 5,368,709,12, ini jelas bukan hanya lumayan kan.

Bingung gimana 1 sen bisa menjadi 5 juta USD? Mari anda lihat tabel di bawah ini. Tabel tersebut menggambarkan pertumbuhan uang yang bisa diterima dalam dua pilihan berbeda tadi. Cobalah anda perhatikan.

Satu sen vs Seribu Dollar tabel

Bagi yang masih bingung dengan tabelnya, jangan khawatir. Anda bisa juga melihatnya dengan mencoba menjawab pertanyaan berikut:

  1. Di hari-hari awal (antara hari ke 1 sampai hari ke 15), bagaimana kah keadaan kalau menerima satu sen dibandingkan dengan menerima seribu dolar?
  2. Bagaimanakah pola pertumbuhan dana pada kasus pilihan $1000 dibandingkan pilihan  $0.01 (1 sen)? Apakah terjadi percepatan pertumbuhan dana? Pilihan mana yang makin lama waktunya semakin cepat dananya tumbuh bila dibandingkan dengan dana awal? dan Pilihan mana yang pertumbuhan dananya sepertinya stabil dan tidak semakin cepat tumbuh?
  3. Apakah kalau yang dihari-hari awal menang/lebih baik, berarti dihari-hari akhir juga tetap pasti menang/lebih baik?
  4. Apakah menang berkali-kali secara terus menerus sudah berarti keputusannya pasti benar? Sebaliknya , apakah kalah berkali-kali diawal secara terus menerus berarti keputusan yang diambil adalah salah? Atau memang sebenarnya itu hanya belum saatnya untuk menentukan menang dan kalah?
  5. Apakah anda telah melihat dalam perbandingan 2 pilihan ini bebas dari faktor resiko kehilangan dana secara permanen? Kalau ada resiko kehilangan dana secara permanen apa yang bisa terjadi?

Supaya lebih jelas melihat efek percepatan pertumbuhan dana yang disebabkan kekuatan efek dari bunga berbunga (compounding interest), pertumbuhan dananya saya gambar menjadi 2 grafik berikut:

Grafik pertumbuhan Satu sen vs Seribu Dollar

Melalui gambar diatas, anda sekarang sudah bisa mengerti, tanpa kekuatan bunga berbunga pertumbuhan dana anda akan begitu-begitu saja kecepatannya, namun bila anda menemukan kendaraan investasi yang memiliki kemampuan untuk memberikan bunga berbunga, maka semakin lama anda berinvestasi semakin cepat juga dana anda bertumbuh. Berita baiknya, bila anda berinvestasi di bisnis yang secara konsisten menghasilkan laba usaha yang baik dan anda juga berhasil membelinya diharga yang wajar, maka anda telah menemukan salah satu kendaraan investasi tersebut. Belum cukup? Tenang.. masih ada berita lebih baik lagi. Efek bunga berbunga ini tidak hanya berlaku ada pada investasi dalam bentuk uang, tapi juga berlaku untuk investasi dalam bentuk kebiasaan dan pengembangan pola pikir. Bila anda terus-menerus belajar dan mempraktikan kebiasaan yang baik, walaupun awalnya efeknya terasa sangat kecil, namun semakin lama anda melakukan nya, semakin besar pula perbaikan yang dapat anda capai.

Setelah mengenal kehebatan bunga berbunga, berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan untuk menjadikan diri anda mesin penghasil “investasi bunga berbunga”:

  1. Coba serapi dan rasakan efek besar yang dihasilkan oleh bunga berbunga, dengan begitu ia baru akan datang kepada anda.
  2. Sebagai investor anda harus  sebisa mungkin membiarkan kekuatan bunga berbunga bekerja untuk anda. Jangan memutuskan usaha mereka hanya untuk kesenangan sesaat. Kesenangan yang tertunda ini pada akhirnya membawakan hasil yang memuaskan.
  3. Carilah kendaraan investasi yang bisa menyediakan fasilitas bunga berbunga dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga anda tidak perlu repot terus menerus memulai dari awal.
  4. Berpikirlah dalam jangka panjang, bukan hanya demi keuntungan jangka pendek/sesaat.
  5. Kalau telah mengambil keputusan, selain harus percaya diri, juga tetap terus bertanya dengan pertanyaan semacam: apakah saya telah melakukan kesalahan, atau apakah ada cara lain memperbaikinya.
  6. Jangan kecewa dulu bila anda kalah diawal bahkan bila terus-menerus kalah. Selama anda tau jelas apa aturan mainnya dan apa yang sedang anda lakukan, kemenangan tidak dilihat dari berapa kali kita menang, kemenangan ditentukan dari disaat kapan anda menang dan berapa besar.
  7. Never lose your money. Jagalah uang anda dari bahaya kehilangan modal secara permanen yang diakibatkan dari hasil spekulasi dan keserakahan, karena keuntungan akan menjaga dirinya sendiri dan hanya setelah itu keuntungan dan efek bunga berbunga dapat muncul dihadapan anda.
  8. Biasakan membaca. Kalau seorang sekaliber Warren Buffett dan Charlie Munger saja terus membaca setiap hari selama berjam-jam. Bagaimana nasib anda kalau setiap harinya hanya berlalu begitu saja?

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai kehebatan efek bunga berbunga. Semoga bisa membantu anda dalam berinvestasi. Tetap semangat dan teruslah membaca. Sampai berjumpa dalam artikel mokosays berikutnya. Happy Compounding..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four − 3 =