Tentang Blog Ini

Banyak yang bertanya-tanya. Bagaimana cara berinvestasi di saham? Apa sih bedanya investor, trader dan spekulan? Bukankah saham itu berbahaya, kok kamu masih tenang-tenang saja? Apa ga jantungan main saham? Main saham apa perlu tiap hari liatin monitor?  Gimana cara nya belajar saham biar untung?

Untuk menjawab pertanyaan dari teman-teman disekitar, sekarang dan di masa datang, blog ini akan berisikan catatan perjalanan dan sharing pendapat sebagai seorang “moat investor”. (Apa sih moat itu? red.)

Moat adalah parit dalam yang mengelilingi istana, moat jaman dulu di gunakan untuk melindungi istana dari serangan negara sekitar.

(Ini nih contoh moat sungguhan asal Perancis, namanya Château de Chenonceau. Indah bukan?)

Chateau_de_Chenonceau_france-700x376Photograph by RA SMIT

Kata “moat investor” ini terinspirasi dari filosofi investor Warren Buffett yang selalu memeriksa keberadaan economic-moat suatu perusahaan sebelum Beliau memutuskan untuk berinvestasi.

Belajar dari Warren Buffett dasar analisa saham yang di ulas di blog ini adalah analisa fundamental, ada juga yang menyebutnya aliran value investing maupun growth investing. Apapun itu namanya, dalam perjalanan berinvestasi ini saya selalu menempa diri untuk menjadi “moat investor” yang terus mencari perusahaan dengan “economic-moat” yang lebar yang di tawarkan dengan harga yang menarik. Kalau tertarik dengan kemungkinan investasi kata-kata pertama yang harus terpikir adalah : show me the moat.

Selain belajar dari Warren Buffett, saya juga menikmati pemikiran dari investor lain nya seperti Charlie Munger, Philip Fisher, Benjamin Graham, Peter Lynch dan John Maynard Keynes.

Email: mokosays@gmail.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− three = 1